Minggu, 23 Mei 2010

Manajemen


FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Oleh: Fatimah HS

Manajemen sebagai faktor penentu keberhasilan suatu organisasi atau lembaga dalam pelaksanaan tugasnya. Hakikat manajemen adalah mencapai tujuan melalui tangan orang lain, pencapaian tujuan melalui tangan orang lain itu dilakukan oleh manajer dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Dengan demikian, keberhasilan manajemen sebuah organisasi akan sangat tergantung kepada pelaksana dan operasionalisasi secara optimal fungsi-fungsi manajemen dengan memberdayakan semua potensi yang ada.
Menurut Syamsi (1994:61) bahwa secara praktisnya fungsi-fungsi manajemen dapat dikelompokkan ke dalam fungsi perencanaan, fungsi mengatur pelaksanaan, fungsi pengendalian dan fungsi peningkatan.
Fungsi perencanaan dalam suatu organisasi perlu dilakukan agar segala kegiatan dapat terlaksana seluruhnya secara teratur. Tidak ada kegiatan atau bagian kegiatan yang terlewatkan dan pelaksanaannya dapat berurutan. Fungsi mengatur pelaksanaan dilakukan oleh pimpinan agar dalam pelaksanaannya dapat terarah mencapai sasaran dan tujuan organisasinya. Fungsi pengendalian mengusahakan agar pelaksanaan kegiatan itu dapat sesuai dengan rencananya. Fungsi peningkatan sangat dibutuhkan aga rsetiap pimpinan di samping menikmati kelancaran pelaksanaan kegiatan organisasi atau lembaga yang ia pimpin, juga harus memikirkan peningkatan kegiatannya.
Sedangkan menurut Siagian (1987:105) bahwa fungsi-fungsi manajemen yaitu; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Namun untuk lebih jelasnya berikut akan dikemukakan beberapa pendapat tentang fungsi-fungsi manajemen itu sendiri.
Dalam suatu usaha, seseorang akan bertanya apa maksud dan tujuan usaha tersebut. Maka timbullah fungsi perencanaan (planning). Berikutnya muncul fungsi kedua, yakni mengorganisir (organizing) yaitu bagaimana menetapkan cara memilah dan memecah pekerjaan yang ada menjadi unit-unit yang dapat dikelola unit-unit yang dapat dikelola dengan cara memilih orang-orang yang berkualifikasi untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan. Berikutnya adalah mengarahkan (directing), yaitu bagaimana cara menuntun manusia melakukan pekerjaan yang dimaksud menuju suatu tujuan dan target yang diinginkan. Terakhir, fungsi pengawasan dan evaluasi (controlling) yang merupakan alat untuk mengukur dan menilai hasil rencana yang dicanangkan pada fungsi pertama, memberi imbalan kepada staf sesuai dengan kinerja yang ditunjukkan, dan merancang serta merencanakan kembali sambil memperbaiki hal-hal yang belum sempurna. Begitulah, siklus peredaran proses manajemen (Azhar Arsyad, 2003:18).
Berdasarkan uraian tersebut, dapat menyimpulkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam sebuah lembaga atau organisasi sangat penting sehingga kegiatan atau proses manajemen dalam lembaga atau organisasi tersebut berjalan dengan optimal. Oleh karena itu, seorang pemegang kendali suatu lembaga atau organisasi semestinya menguasai fungsi-fungsi manajemen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar